Snippet

TEGENUNGAN



 Air terjun Tegenungan,




Air terjun Tegenungan, Bali, merupakan salah satu obyek wisata di Bali, terletak di Desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Berjarak 30 km dari kota Denpasar, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama yang indah. Lokasinya sangat terjangkau dari kawasan wisata Kuta, Sanur maupun Nusa Dua, berbeda halnya air terjun Gitgit yang berjarak sekitar 70 km dari Denpasar setelah objek wisata Bedugul.


Keadaan alam sekitarnya masih asri, pernah berdiri Bungge Jumping, yaitu tempat atraksi bagi wisatawan yang senang terjun dari ketinggian kurang lebih 50 meter, namun atraksi wisata tersebut saat ini sudah tidak beroperasi lagi tinggal sekarang panorama air terjun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan nusantara dan mancanegara.



Tentu saja Air Terjun yang bisa dibilang masih “perawan” itu memiliki keindahan tersendiri, yang tidak kalah dengan Air Terjun lainnya.
Itulah objek wisata Air Terjun tegenungan. Tidak terlalu sulit untuk Menemukan itu. Jika kebetulan anda melewati Jalan Raya Kemenuh, Gianyar, cobalah cari sebuah papan nama di dekat traffic light. Perlu keteletian memang, karena papan nama yang menunjukan objek wisata itu telah usang. Tulisannya sudah pudar, sehingga agak sulit dibaca.
Untuk dapat melihat air terjunitu dari jarak yang dekat, anda harus turun ke dasarnya.
Untuk mencapainya telah disediakan jalan tangga, yang terdiri atas kurang lebih 50 anak tangga. Waktu menyusuri tangga, akan menjumpai sebuah Pura Beji.
Pada tahun 90-an, air terjun yang namanya diambil dari nama banjar tempatnya berada di Banjar Tegunungan itu, dikembangkan dengan cukup gencar oleh para investor dan pelaku pariwisata. Kala itu, sepertinya mereka menyadari potensi besar yang dimiliki oleh Air Terjun Tegenungan. Dibangunlah berbagai sarana wisata di sekitar lokasi air terjun. Disana didirikan hotel, restaurant, bahkan dibuat sarana bungy jumping.






Leave a Reply